Rabu, 04 Oktober 2017

materi IPS tentang keragaman kenampakan alam di indonesia



                sumber :  https://www.google.co.id     
Negara kita adalah negara yang sangat luas. Wilayah negara kita terdiri dari daratan dan lautan. Wilayah daratannya terdiri dari beribu-ribu pulau. Karena itu, Indonesia disebut negara kepulauan. Negara kita memiliki wilayah laut atau perairan yang sangat luas.  Maka Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim. Akibat keadaan wilayah yang demikian ini, terjadi kenampakan keragaman alam. Selain itu, pembangunan yang semakin giat juga mengakibatkan terjadinya keragaman kenampakan buatan. Untuk lebih mendalami materi ini,  mari kita belajar bersama.

A. Keragaman Kenampakan Alam di Indonesia
     1. Pulau-pulau di Indonesia
    Indonesia terdiri dari 17.508 pulau. Dari jumlah tersebut baru sekitar 11.464 pulau yang sudah diberi nama dan 981 pulau yang sudah ditempati. Pulau-pulau di Indonesia di kelompokkan menjadi empat gugusan sebagai berikut:
§     Gugusan Kepulauan Sunda Besar, meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan pulau-pulau kecil di seitarnya.
§     Gugusan Sunda  Kecil, atau Kepulauan Nusa Tenggara meliputi Pulau Bali, Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores, Sabu, Timor, Solor, Alor, Rote dan pulau-pulau kecil disekitarnya.
§     Gugusan Kepulauan Maluku, meliputi Pulau Halmahera, Ternate, Ambon, Tidore, Seram, Buru, kepulauan Sula, Obi, Kai, Aru dan pulau-pulau kecil disekitranya.
§     Gugusan Papua, meliputi Pulau Papua, Biak, Waigio, Salawati, Misol, Yos Sudarso, dan pulau-pulau kecil lainnya.
Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan (laut) yaitu luas antara daratan dan lautan 2:3, luas daratan 1.919.433 km2 dan luas lautan 3.273.908 km2, sehingga luas seluruhnya adalah 5.193.252.

http://balaiedukasi.blogspot.co.id


0 komentar:

Posting Komentar