SUMBER : https://www.google.co.id
Membandingkan adalah usaha menemukan persamaan dan perbedaan antara dua buah benda, pernyataan, dan lain sebagainya. Sedangkan mengurutkan adalah proses merangkai benda atau apapun yang dapat diragkai dalam urutan tertentu. Beberapa bilangan dapat diurutkan, namun sebelum dapat mengurutkan bilangan maka siswa harus mampu membandingan antara bilangan satu dengan lainnya agar dapat mengurutkan bilangan dengan baik.
1. Membandingkan bilangan
Jambu lebih sedikit daripada apel, yakni 4 berbanding 5
Pada pembahasan membandingkan bilangan akan diawali dengan membaca dan menulis bilangan. Pertemuan sebelumnya anak telah belajar bilangan hingga ratusan, maka pada materi ini anak akan belajar bilangan sampai ribuan. Hal pertama yang harus anak ketahui adalah cara membaca dan menulis bilangan. Perhatikan cara membaca bilangan dibawah ini:
a. 7.540 dibaca tujuh ribu lima ratus empat puluh.
b. 87.635 dibaca delapan puluh tujuh ribu enam ratus tiga puluh lima.
c. 698.742 dibaca enam ratus sembilan puluh delapan ribu tujuh ratus empat puluh dua.
Selanjutnya menulis lambang bilangan.
a. Delapan ribu empat ratus tujuh ditulis 8.407.
b. Lima belas ribu enam ratus tiga puluh satu ditulis 15.631.
c. Dua ratus empat puluh lima ribu tiga ratus tujuh puluh sembilan ditulis 245.379.
Setelah siswa paham serta dapat membaca dan menulis bilangan, langkah selanjutnya adalah menentukan nilai tempat. Suatu bilangan tentu memiliki nilai tempat. Perhatikan nilai tempat pada bilangan berikut ini:
5 6 3. 7 2 8
563. 728
|
Nilai Tempat
|
5
|
Ratusan ribu
|
6
|
Puluhan ribu
|
3
|
Ribuan
|
7
|
Ratusan
|
2
|
Puluhan
|
8
|
Satuan
|
Nilai tempat pada bilangan diatas jika ditulis dalam bentuk panjang adalah sebagai berikut:
563. 728 = 500.000 + 60.000 + 3.000 + 700 + 20 + 8
Kemudian selanjutnya membandingkan bilangan, untuk membandingkan bilangan perlu memperhatikan urutan nilai tempat terbesar. Jika nilainya sama, maka bandingkan nilai tempat selanjutnya, yaitu:
a. Urutan nilai tempat ratusan ribu
b. Urutan nilai tempat puluhan ribu
c. Urutan nilai tempat ribuan
d. Urutan nilai tempat ratusan
e. Urutan nilai tempat puluhan
f. Urutan nilai tempat satuan
Perhatikan contoh berikut ini:
4.560 > 3.479 karena nilai tempat terbesar ribuan, yaitu 4 > 3
14.289 < 14.399 karena nilai tempat terbesar ratusan, yaitu 2 < 3
765.800 = 765.800 karena semua angka pada setiap nilai tempat sama.
Karya : Siti Putri Indriani
http://www.tintapendidikanindonesia.com
0 komentar:
Posting Komentar